PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, LEVERAGE, PROFITABILITAS DAN KEBIJAKAN DIVIDEN TERHADAP NILAI PERUSAHAAN

Authors

  • Miswaty Universitas Balikpapan
  • Dicky Zulkarnaen

Keywords:

Nilai Perusahaan, Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, Kebijakan Dividen, Saham, Investor

Abstract

Nilai perusahaan merupakan harga yang bersedia dibayar oleh calon pembeli (investor) apabila perusahaan tersebut dijual. Tujuan normatif perusahaan adalah memaksimumkan kekayaan pemegang saham. Semakin tinggi harga saham semakin tinggi pula nilai perusahaan. Tujuan penelitian ini adalah memberikan bukti empiris mengenai pengaruh Ukuran Perusahaan, Leverage, Profitabilitas, dan Kebijakan Dividen terhadap Nilai Perusahaan. Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Jumlah sampel yang didapatkan adalah 7 perusahaan yang telah ditentukan dengan menggunakan metode purposive sampling. Teknik analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian menunjukkan bahwa variabel Ukuran perusahaan, Profitabilitas dan Kebijakan Dividen berpengaruh terhadap nilai perusahaan dengan arah positif, sedangkan Leverage tidak berpengaruh terhadap Nilai Perusahaan dengan arah negatif.

Author Biography

Miswaty, Universitas Balikpapan

Prodi Akuntansi

Downloads

Published

2023-05-25

Issue

Section

Articles